ALVI HADI SUGONDO "CATATAN SEDERHANA MEMBUAT RUMUS PANJANG UMUR SEHAT BUGAR"




Ekonomi makin sulit, sementara biaya kesehatan makin mahal. Walau ada program asuransi kesehatan murah BPJS, namun tetap saja bisa jadi mahal kalau anda terkena penyakit. 

Ada ide bagus untuk menjaga kesehatan agar tetap fit performance.  Sebenarnya cara ini sederhana, tapi banyak orang yang tak terpikir. Kalaupun terpikir, tak mau melakukannya. Padahala bagus dan penuh manfaat.

Ok, langsung saja di share caranya. Yang anda perlukan adalah beberapa alat kesehatan. Kalau belum punya, sebaiknya beli dulu di Karya Pratama. Banner nya ada dibawah artikel ini.

 Alat kesehatan yang anda perlukan adalah :
1.  Alat cek gula darah
2.  Alat tekanan darah ( tensi meter)
3.  Alat ukur suhu udara ( thermometer)
4.  Alat Kadar oksigen ( oxymeter)
5.  Buku catatan dan pulpen

Hanya itu saja kok modal untuk sehat. Cara penggunaannya sederhana sekali. Buat catatan harian pola makan anda. Misal, pagi hari apa yang anda makan, minumnya berapa gelas. Siang hari dan sore hari juga sama. Dicatat semua makanan dan minuman yang anda konsumsikan.

Sebelum tidur, cek gula darah anda, apakah 120/90 atau bagaimana. Jika tinggi, sebaiknya koreksi, makan apa tadi, dan mulai bereksperimen. 

Cek tekanan darah anda menggunakan tensi meter. Ini juga untuk mengukur tekanan darah anda. Normalnya 120/80 atau 140/85 mm Hg. 

Mungkin ada yang belum paham, apa artinya 120 dan 80 itu ? Baik. 120 adalah tekanan darah atas pembuluh arteri dari denyut jantung yang disebut tekanan darah sistolik, sementara 80 adlah tekanan darah diastolic, yaitu saat tubuh sedang istirahat tanpa melakukan aktivitas.

Ukur aktivitas hari itu, apakah jantung anda dalam keadaan normal atau dibawah normal, atau over normal alias tekanan darah tinggi. 

Ukur juga kadar oksigen anda dalam dalah dengan oxymeter. Murah kok alatnya, tapi besar manfaatnya. Jika kadar oksigen anda rendah, saatnya melakukan terapi nafas panjang alias meditasi. 

Ukur pula suhu tubuh anda disegala aktivitas. Apakah normal atau kurang normal. Catat semuanya dalam buku catatan.

Inti dari ide sederhana ini adalah, dengan mengukur semua makanan dan minuman, aktivitas harian maka akan kita dapat skor angka kesehatan tubuh kita. 

Tugas anda adalah menemukan formasi makanan yang bisa membuat gula darah anda normal, tekanan jantung anda normal, kadar gula darah normal dan suhu tubuh anda normal. Jika sudah didapat polanya, jadikan kebiasaan hidup seumur hidup.

Dengan mendapat pola yang sehat, anda tidak perlu alat kesehatan lagi untuk tes setiap hari. Gunakan sebulan sekali saja, karena anda sudah punya catatan kesehatan pribadi.

Selamat mencatat pola hidup sehat haria . Bersama kita bisa menikmati usai panjang dengan penuh kedisiplinan dan kerja keras. Salam sehat. 

http://karyapratama.co.id

Postingan terkait:

1 Tanggapan untuk "ALVI HADI SUGONDO "CATATAN SEDERHANA MEMBUAT RUMUS PANJANG UMUR SEHAT BUGAR""

Unknown mengatakan...

Idenya sangat sederhana, tapi kalau diseriusin pasti hasilnya sangat memuaskan. Tubuh selalu sehat dan kuat sepanjang waktu. Cobalah ..