APALAH ARTI SEBUAH NAMA, TINJAUAN NAMA DARI SISI SPIRITUAL



William Shakespeare berucap “Apalah arti sebuah nama?” Apakah anda termasuk orang yang setuju dengan beliau?  Bagi orang Timur, nama itu sakral, begitu sakralnya hingga banyak orang memperlakukan nama itu sebagai sesuatu yang suci.

Boleh percaya boleh tidak, ternyata nama itu memiliki pengaruh. Terlepas apakah anda termasuk orang yang percaya pada hal-hal yang bersifat metafika atau tidak, pada kenyataannya setiap nama memiliki getaran (vibrasi) yang berbeda.

Dalam displin ilmu Numerology, setiap huruf memiliki getaran, dan dengan rumus yang tepat, seorang Numerolog bisa memprediksi dengan tepat kehidupan anda dimasa kini dan akan datang. Tapi maaf, kita tidak sedang membahas Numerology, melainkan pengaruh nama bagi kehidupan setiap orang.

Pernakah anda mendengar istilah keberatan nama. Umumnya, bagi orang desa, ketika seorang bayi sakit-sakitan, para orang tua menganjurkan untuk ganti nama. Dan uniknya, boleh percaya boleh tidak, sang bayi itu cepat sembuh usai namanya diganti.

Pernahkan anda mendengar juga, para artis ramai-ramai mengganti nama aslinya menjadi nama hoki, dan boleh percaya boleh tidak, sejak ganti nama, ordernya makin berlimpah. Dan itu sudah bisa dibuktikan oleh sejumlah artis papan atas.

Annisa Bahar, penyanyi dangdut yang sangat terkenal memiliki nama asli Ani Setiawati, Ayu Azhari, artis cantik berbody aduhai punya nama asli Siti Khodijah, Chece Kirani, artis cantik papan atas, nama aslinya Hetty Sobari, Evi Tamala, nama aslinya Cucu Suryaningsih dan banyak lagi. Boleh percaya boleh tidak, ini fakta bukan cerita fiksi.

Nama adalah doa dari kedua orang tua. Ketika sebuah nama melekat pada sang anak, artinya disitu ada doa kedua orang tua yang menghantarkan anak itu sepanjang hayatnya. Dengan doa ini, diharapkan sang anak menjadi orang yang berguna.

Namun pada kenyataannya, banyak orang yang tak paham arti namanya sendiri, sehingga mereka cenderung meremehkan nama tersebut. Padahal, secara psikologis, ucapan yang paling indah bagi setiap orang adalah nama aslinya sendiri.

Coba lakukan sedikit tes tentang efek memanggil nama. Mana yang lebih nyaman ketika anda dipanggil dengan nama samara, kata ganti atau nama asli anda? Pada kenyataannya lebih enak saat kita dipanggil dengan nama sendiri kan?

Inilah pentingnya mempelajari arti nama dan penggunaannya untuk kehidupan sehari-hari. Biasakan mengingat nama, karena nama itu sangat sensitive dan super penting. Jangan salah menulis nama orang atau menyebut nama, karena akan membuat orang itu tersinggung.

Nama  memang memiliki arti dan juga pengaruh bagi kehidupan, karena itu biasakan menyapa dengan nama, bukan dengan kata-kata yang lain. Apapun arti nama anda, tetaplah menghormati nama kita sendiri, karena dalam nama kita ada doa orang tua. Hargailah mereka dengan tetap menggunakan nama asli kita. Jangan diubah atau dimodifikasi, karena maknanya jadi berubah.

Setiap melakukan koneksi social, catat nama para mitra anda, dan selalu sebut nama mereka sesering mungkin saat melakukan komunikasi, maka hubungan social anda akan semakin lebih dekat dan nyaman. Hanya dengan bermodal pengetahuan sederhana tentang nama, maka reputasi social anda akan melejit dengan cepat.

Nama , adalah doa dari kedua orang tua kita, dan tentu saja bersifat suci. Berawal dari datangnya kita ke dunia ini dan sampai nafas terakhir kita, nama kita akan selalu ditulis, baik ditulis disetiap catatan kehidupan maupun diakhir kematian. Itulah pentingnya nama. Mari, kita hormati nama kita dan nama orang lain agar keberkahan hidup selalu tercurah kepada kita. Amin.  

http://karyapratama.co.id

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "APALAH ARTI SEBUAH NAMA, TINJAUAN NAMA DARI SISI SPIRITUAL"