ALVI HADI SUGONDO "LAMPUNG MASIH KEKURANGAN RUMAH SAKIT"

Ada yang menarik dari mantan Menteri Kesehatan RI, dr. Nafsiah Mboi ( kini menteri kesehatan 2016 bernama Prof. Dr. dr. Nila Djuwita Anfasa Moeloek SpM ) tentang jumlah rumah sakit di Lampung.

 Menurutnya, Lampung masih kekurangan rumah sakit. Menteri kesehatan itu menekankan kepada Pemprov Lampung untuk segera menambahkan rumah sakit disetiap daerah agar masyarakat tidak kekurangan rumah sakit. Setidaknya itu laporan tahun 2013 lalu.

Kini, Lampung semakin baik, setidaknya jumlah rumah sakit sudah bertambah dari waktu ke waktu. Hal ini karena Pemrov Lampung makin memprioritaskan kesehatan sebagai tulang punggung perekonomian daerah sehingga pembangunan rumah sakit sebagai bagian dari hal yang diprioritaskan lebih dulu.

Apa artinya jika suatu provinsi memiliki fasilitas rumah sakit yang memadai? Tentu saja, kualitas kesehatan warga di daerah tersebut menjadi lebih baik, dan ini menjadi modal terbesar sumber daya manusia yang bisa menggerakkan roda ekonomi di daerah tersebut.

Dengan tercukupinya jumlah rumah sakit sebagai pusat pelayanan kesehatan maka bisa dikatakan daerah tersebut cukup syarat untuk menjadi daerah yang berpotensi sejahtera. Sebaliknya, jika dalam satu provinsi masih kekurangan rumah sakit, maka dipertanyakan kualitas kesehatan daerah tersebut.

Apalagi jika menghadapi wabah penyakit menular, misalnya wabah demam berdarah (DBD) dan penyakit menular yang lain, maka peran rumah sakit menjadi sangat penting, karena jika kekurangan rumah sakit, bisa mengancam keselamatan banyak orang.

Bandar Lampung kini makin meningkatkan kualitas rumah sakit. Ini bisa dilihat dari pertumbuhan rumah sakit dari waktu ke waktu yang kian hari makin bertambah. Walau pertambahannya belum signifikan, namun sudah menunjukkan progress yang baik.

Rumah sakit adalah benteng kesehatan suatu wilayah. Jika bentengnya banyak, maka kualitas warga di daerah itu akan makin bagus. Namun jika kekurangan rumah sakit, bisa ditebak berapa angka kesehatan warganya setiap saat, pasti akan rendah. Belum lagi jika terkena wabah menyakit menular serta terkena bencana alam, maka akan banyak korban yang tak berdosa akibat kekurangan fasilitas kesehatan.

http://karyapratama.co.id

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "ALVI HADI SUGONDO "LAMPUNG MASIH KEKURANGAN RUMAH SAKIT""