ALVI HADI SUGONDO "TERNYATA LAMPUNG MASIH KEKURANGAN DOKTER SPESIALIS"



Alvi Hadi Sugondo berpendapat, Lampung kekurangan dokter, hingga cukup menghambat program jaminan kesehatan nasional. Setidaknya itulah berita yang sempat terungkap tahun 2014 lalu. Memang, peran dokter dan tenaga kesehatan sangat diperlukan di daerah sedang berkembang, seperti kota Lampung ini, karena tenaga kesehatan adalah tulang punggung suatu wilayah.

Alvi Hadi Sugondo juga berpendapat, sebenarnya ketersediaan dokter cukup banyak, namun entah kenapa seolah ketersediaan tenaga medis jadi langka di daerah tersebut. Pemprov Lampung sudah semaksimal mungkin untuk menyediakan berbagai fasilitas dan sarana di Lampung, termasuk penambahan rumah sakit, klinik dan sarana kesehatan, namun memang semua perlu proses.

Menurut Alvi Hadi Sugondo, Lampung menjadi objek yang sangat menarik untuk dikupas, terkait dengan ketersediaan dokter didaerah tersebut. Beberapa sumber dari berita online, Lampung kini dengan yang sebelumnya sangat berubah. Dengan luas wilayah yang cukup besar, Lampung memiliki jumlah penduduk yang besar, sehingga sangat memerlukan fasilitas kesehatan yang memadai.

Memang pada satu sisi, Lampung memiliki sumber daya alam yang berlimpah hingga kota ini kaya dengan sumber daya alamnya, namun dari sisi fasilitas kesehatan, Lampung wajib berbenah, terutama jumlah dokter masih sangat kurang.

Mengapa dokter di Lampung masih kurang? Ternyata salah satu penyebabnya adalah kurangnya sarana perkuliahan kedokteran di kota tersebut sehingga sangat kurang jumlah dokter yang terlahir dari waktu ke waktu.  Alternatif terakhirnya, Pemrov meminta kepada menteri kesehatan untuk dikirim sejumlah dokter.

Lampung Utara masih kekurangan tenaga medis spesialis mata, anak, kulit dan radiologi. Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Lampura Prasetyo Heri Hernawan mengatakan, solusi mengatasi kekurangan dokter spesialis pihaknya mengusulkan kepada kementerian kesehatan (Kemenkes) dapat memberikan sejumlah dokter spesialis untuk ditempatkan di wilayah Kabupaten Lampura.

Terlepas dari itu semua, Lampung memang harus berbenah dari waktu ke waktu terkait dengan sarana dan prasarana kesehatan, karena ini sudah menjadi masalah yang cukup serius. Apalagi kini sedang banyak wabah penyakit menular, pasti lebih banyak lagi diperlukan dokter untuk mengatasi masalah kesehatan warga Lampung. 

http://karyapratama.co.id

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "ALVI HADI SUGONDO "TERNYATA LAMPUNG MASIH KEKURANGAN DOKTER SPESIALIS""