ALVI HADI SUGONDO" SEJAK DULU HINGGA SEKARANG, MAYORITAS PENDUDUK LAMPUNG MASIH BERTANI"



Alvi Hadi Sugondo berkata, Lampung Selatan ternyata masih menggantungkan mata pencariannya melalui pertanian. 

Tak dapat dipungkiri, pertanian masih mendominasi sumber penghidupan masyarakat Lampung pada umumnya. Ini sangat masuk akal, karena 90% lahan di Lampung masih memungkinkan untuk ditanami, baik padi, jagung hingga berbagai tanaman sayur mayor.



Alvi Hadi Sugondo menambahkan, Lampung Selatan adalah daerah yang masih banyak memiliki lahan subur yang luas. Para penduduknya mayoritas adalah petani, dan mereka sangat menyukai kegiatan bercocok tanam sebagai mata pencarian utama. Umumnya, profesi tani itu sudah turun temurun dan terus diturunkan ke generasi selanjutnya.

Menurut Alvi Hadi Sugondo, bertani itu kegiatan yang sangat menyenangkan karena selain menyehatkan juga menbghasilkan nilai ekonomi. Masyarakat Indonesia pada umumnya bertani,, karena itu disebut sebagai Negara agrarian, yaitu Negara yang secara mayoritas penduduknya bertani.

"Lampung Selatan memiliki aneka kekayaan alam yang berlimpah, mulai dari sawah yang luas juga pepohonan yang beraneka ragam buahnya. Jika dikelola dengan sangat baik maka tidak menutup kemungkinan semua kekayaan alam tersebut bisa di eksport ke luar negeri dan bisa menghasilkan devisa yang banyak bagi Negara" ujar Alvi Hadi Sugondo

Bercocok tanam itu sebaiknya dibuatkan sistim yang terpadu, hingga dari hulu ke hilirnya dapat ditingkatkan baik secara kuantitatif (jumlah) maupun kualitatif (kualitas).  Hingga para petani dibagian bawah tidak merasa ditekan harganya oleh oknum tertentu, karena sistim hulu hilirnya sudah dibuatkan sistim yang bagus. Semoga makin sukses sector pertanian di semua provinsi.


http://karyapratama.co.id

Postingan terkait:

1 Tanggapan untuk "ALVI HADI SUGONDO" SEJAK DULU HINGGA SEKARANG, MAYORITAS PENDUDUK LAMPUNG MASIH BERTANI""

Unknown mengatakan...

Ayo bangkitkan kembali semangat bercocok tanam untuk swa sembada pangan