ALVI HADI SUGONDO " PERPUSTAKAAN BISA MENJADI PEMBANGKIT MINAT BACA WARGA"



Alvi Hadi Sugondo berkata, setiap orang bijak pasti suka membaca buku. Dengan membaca buku, kita akan menambah wawasan berpikir serta mendapat banyak sekali inspirasi yang bermanfaat untuk kehidupan. 

Alvi Hadi Sugondo menambahkan, di Bandar Lampung, ada perpustakaan umum yang diperuntukkan warga Lampung dan sekitarnya. Perpustakaan ini menjadi tempat paling baik untuk membaca buku. Selain suasananya tenang, di perpustakaan yang terletak di Jalan Prof. Mr. Hm. Yamin, Rw. Laut, Tj. Karang Tim., Kota Bandar Lampung, Lampung ini juga memiliki koleksi buku yang sangat banyak. 

Menurut Alvi Hadi Sugondo, keberadaaan perpustakaan di daerah Lampung menjadi solusi utuk para masyarakat, terutama mahasiswa untuk mencari bahan materi untuk kebutuhan skripsi, tugas kuliah serta menambah wawasan. Namun memang, sejauh ini perpustakaan itu masih dipenuhi pelajar, masyarakat kurang begitu antusias datang kesini.

Sebenarnya, kita bisa menggerakkan kesadaran masyarakat untuk menciptakan gerakan cinta membaca melalui perpustakaan. Pihak pemerintah daerah Lampung hendaknya menggerakkan minat baca masyarakat hingga perpustakaan menjadi tempat yang lebih produktif untuk menambah wawasan berpikir serta ide kreatif. Pada kenyataannya, hanya sekitar 50 orang per hari saja yang datang ke perpustakaan itu.

"Ini menjunjukkan betapa masih rendahnya kesadaran membaca masyarakat Lampung di daerah itu. Mungkin karena akses yang menuju ke perpustakaan itu yang membuat warga enggan untuk datang" ujar Alvi Hadi Sugondo

Perpustakaan sebenarnya bisa menjadi sarana untuk menimba ilmu secara gratis. Bayangkan saja, jika kita harus terus membeli buku maka berapa biaya yang harus dikeluarkan. Namun dengan datang ke perpustakaan maka biaya beli buku jadi lebih berkurang bahkan gratis.

Bukan haya itu, di perpustakaan kita bisa juga membaca berbagai jenis buku dari banyak kategori. Ada novel, buku motivasi, buku inspirasi hingga majalah. Semua tersedia lengkap di perpustakaan.
Bahkan di beberapa perpustakaan sudah menyediakan AC hingga sangat nyaman untuk membaca. Belum lagi, suasananya sangat mendukung, sepi, tenang serta nyaman. 

Apapun itu, perpustakaan adalah fasilitas umum yang disediakan pemda daerah di setiap provinsi, dan Lampung menjadi kota dengan jumlah penduduk yang sangat besar dan memiliki potensi untuk diberdayakan minat bacanya.

Pemda daerah lampung seharusnya pro aktif untuk mengadakan berbagai kampanye tentang budaya membaca, karena warga akan lebih bijaksana jika banyak membaca buku. 

Banyak kegiatan yang bisa diselenggarakan di perpusatakaan. Misalnya mengadakan lomba baca cerpen, lomba menulis cerpen, lomba ide kreatif, lomba mewarnai untuk anak-anak dan banyak lagi.

"Pemda Lampung seharusnya lebih peka untuk menggandeng pihak sponsor agar membuat berbagai acara tersebut, agar kampanye gemar membaca bisa sukses di tengah masyarakat" ujar Alvi Hadi Sugondo

Jika itu terwujud maka perpustakaan akan ramai dikunjungi banyak warga, mereka berbondong-bondong untuk membaca berbagai buku berkualitas. Jika ingin membaca di rumah, bisa pinjam dan dibawa pulang. 




  

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "ALVI HADI SUGONDO " PERPUSTAKAAN BISA MENJADI PEMBANGKIT MINAT BACA WARGA""