ALVI HADI SUGONDO " PASAR MALAM DI LAMPUNG SANGAT EFEKTIF MENGGERAKKAN RODA EKONOMI DAERAH"



Alvi Hadi Sugondo berkata, hampir setiap minggu diadakan Pasar Malam di kota Lampung. Sejujurnya, hiburan ini yang menjadi lem perekat antar warga lampung hingga bisa saling bertemu, baik secara social maupun bisnis. Di Pasar Malam, aneka produk dan jasa diperjualbelikan, dari warga, untukl warga dan oleh warga.

Alvi Hadi Sugondo menambahkan, Lampung memang sangat terkenal dengan berbagai produk daerah, misalnya kekayaan alam dan juga produk UKM seperti aneka kebutuhan rumahtangga yang terbuat dari kayu dan bambu. Di pasar mala mini, warga melakukan jual beli ke sesame warga lain dari pelosok desa hingga ke warga kota lainnya.

Menurut Alvi Hadi Sugondo, keunikan pasar malam di Lampung adalah penyelenggaraannya setiap malam minggu. Ini menjadi hiburan tersendiri bagi warga Lampung dan sekitarnya. Bukan hanya orang tua yang senang, anak juga riang. Mereka berkeliling dari satu pedagang ke pedangan yang lain untuk mencari barang yang ia sayang. 

Pasar malam sebenarnya ada di hampir seluruh kota di Indonesia. Ada yang menyebut pasar kaget, karena memang kemunculannya mengagetkan warga hingga disebut pasar keget. Di pasar malam ini, berbagai barang dagangan diperjualbelikan, termasuk makanan tradisional, alat rumahtangga, pakaian hingga jasa mainan anak-anak dalam bentuk arena permainan.



Biasanya penyelenggaraan pasar malam mulai jam 7 malam hingga jam 10 malam, tergantung kepadatan pengunjung. Jika malam minggu awal bulan pasti lebih ramai dari pada pertengahan bulan, karena bulan muda warga sedang pegang uang dari gajian.

Sebenarnya konsep pasar malam menjadi alternative untuk menggerakkan roda ekonomi suatu wilayah. Semakin sering terjadinya pasar malam artinya roda ekonomi suatua daerah akan semakin bagus. Para pemilik kebun akan bnisa menjual hasil kebun, pemilik produk alat tradisional juga bisa menjual di pasar itu, penjualk pakaian, makanan dan banyak lagi. Semua saling menguntungkan dan menyenangkan.  

Pemprov Lampung juga sebenarnya mendukung kegiatan pasar malam, asal sesuai aturan. Harus ada ijin dan kordinasi dengan semua pihak hingga dari sisi keamanan dan kenyamanan bisa terjaga.

Di Lampung sebenarnya banyak kegiatan pasar malam. Hampir setiap kota besar di Lampung ada pasar malam. Dan ini sangat menggembirakan semua pihak. Baik pihak pengunjung (calon pembeli) maupun penjual.  


http://kartyapratama.co.id

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "ALVI HADI SUGONDO " PASAR MALAM DI LAMPUNG SANGAT EFEKTIF MENGGERAKKAN RODA EKONOMI DAERAH""