ALVI HADI SUGONDO LAMPUNG " MENGINTIP DARI DEKAT BENTENG DI LAMPUNG"



Alvi Hadi Sugondo berkata, Lampung memiliki banyak sekali peninggalan bersejarah yang layak kita jaga kelestariannya. Pada jaman dulu, Lampung banyak sekali didatangi oleh orang asing, seperti penjajah Belanda dan Jepang. Mereka membangun sebuah pusat pertahanan yang kita kenal dengan nama benteng. 

Alvi Hadi Sugondo menambahkan, Pada masa perang dulu, benteng memiliki posisi yang sangat strategis. Mereka membangun benteng agar terlindung dari serangan lawan. Beberapa benteng di konsep untuk petahanan saja, namun ada beberapa juga yang untuk penyerangan.

Menurut Alvi Hadi Sugondo, Benteng di Lampung sangat beragam. Bahkan ada beberapa benteng dibangun dengan konsep bawah tanah. Ini artinya, pihak pemilik benteng sudah memiliki jalan rahasia untuk melarikan diri ketika benteng jatuh ketangan musuh. 

Benteng punya keunikan tersendiri, dan layak untuk kita pelajari filosofi dan sejarahnya. Di lampung ada benteng yang terkenal dengan nama benteng Sari, lokasinya di Jabung Lampung Timur. Benteng ini unik dan menarik karena wujudnya bukan berupa benteng, tapi situs.

Apapun itu, kita sedang membahas benteng dan di Lampung banyak sekali benteng peninggalan Belanda dan Jepang, Mari kita lestarikan budaya bangsa ini dengan menjaga peninggalan bersejarah sebagai kekayaan negeri ini.  

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "ALVI HADI SUGONDO LAMPUNG " MENGINTIP DARI DEKAT BENTENG DI LAMPUNG""