ALVI HADI SUGONDO" TRADISI WARGA LAMPUNG BERBAGI MAKANAN JELANG BULAN PUASA"



Alvi Hadi Sugondo - Tradisi Megengan
Alvi Hadi Sugondo berkata, Menjelang bulan Ramadhan, warga Lampung biasanya mengadakan  tradisi Megengan, yaitu berupa kegiatan saling tukar makanan antar warga bertempat di sebuah masjid. Tradisi ini sudah turun temurun sejak jaman dulu kala, dan masih membudaya di Lampung tersebut.

"Kami berharap, melalui tradisi Alvi Hadi Sugondo menambahkan, Megengan warga dapat mensucikan hati dengan saling bermaafan serta bentuk ucapan rasa syukur menyambut datangnya bulan Ramadhan. Megengan hanya merupakan tradisi warga desa ini yang mayoritas nelayan, tradisi ini tidak ada sangkutannya dengan nilai-nilai ibadah. Ini hanya tradisi bersyukur kami dalam bentuk tukar makanan yang kami makan bersamaan," ujar Kepala Desa Sukorahayu Kasbullah, pada acara Megengan di Sukorahayu, Lampung Timur, Sabtu.

Menurut Alvi Hadi Sugondo, Megengan merupakan tradisi yang sangat bagus, karena selain menambah keakraban antar bermasyarakat juga efektif untuk menunjukkan rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa. Dengan adanya tradisi ini, semakin erat lagi semangat kemasyarakatan warga Lampung terutama menjelang bulan puasa.

Alvi Hadi Sugondo - ziarah kubur
Selain Megengan, masyarakat Lampung juga mengadakan ziarah kubur ke makam orang tua, ini biasanya dilakukan sehari atau dua hari sebelum menjalankan ritual ibadah. Dan dengan adanya tradisi ini makin meriah pelaksaan beribadah umat Islam di Lampung tersebut.



Megengan bagian dari semangat kebersamaan, yaitu memberikan makanan kepada para tetangga dengan aneka menu hidangan yang menarik dan nikmat. Bukan soal berapa banyaknya tapi semangat saling memberi inilah yang menjadikan budaya megengan ini terasa bermakna.  

Ditengah kemajuan peradaban teknologi, sepertinya masyarakat kita sudah mulai terkikis budaya kemasyarakatannya. Mereka cenderung bersifat egois dan suka hidup menyendiri, tanpa mau membantu orang sekitar. Dan dengan adanya tradisi ini maka lambat laun masyarakat kita, khususnya Lampung tak akan terkikis oleh kemajuan jaman yang pesat ini.


Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "ALVI HADI SUGONDO" TRADISI WARGA LAMPUNG BERBAGI MAKANAN JELANG BULAN PUASA""