ALVI HADI SUGONDO" BANDAR LAMPUNG BUAT NOTA KESEPAKATAN DAMAI ANTAR UMAT BERAGAMA"


Toleransi antar umat beragama di Lampung sangat bagus. Ini terbukti dengan catatan konflik antar agama yang rendah serta dari tahun ke tahun di provinsi itu. Ini menunjukkan, betapa Pemkot Bandar Lampung sangat jeli menjaga kerukunan antar beragama di Lampung.

Lampung memiliki luas wilayah yang sangat besar, dan mayoritas memang berpenduduk Islam, sisanya umat kristani, baik katolik maupun Protestan.
Alangkah indahnya suatu provinsi yang didalamnya beraneka ragam pemeluk beragama namun bisa menjaga toleransi beragama dengan baik, sehingga masing-masing bisa saling menghormati dan menjaga persatuan dan kesatuan.

Tahun lalu (2015), sejumlah tokoh antar agama di Lampung mengadakan kesepakatan sikap toleransi antar umat beragama yang tertuang dalam nota kesepakatan tertulis. Acara itu dilaksanakan di Gedung Pusiban Pemprov Lampung dan diikuti sejumlah pihak terkait, diantaranya Forkopimda Provinsi Lampung dengan FKUB, tokoh agama, dan masyarakat.

Dengana adanya nota kesepakatan tersebut maka akan semakin kuat persatuan antar pemeluk umat beragama di Lampung. Ini menghindari konflik antar pemeluk agama yang berbeda, hingga tak terulang kasus konflik pemeluk agama yang berbeda di Lampung tersebut.

Kita bisa lihat dan baca diberbagai surat khabar dan berita online, ada banyak kasus konflik perang antar pemeuluk beragama. Mereka gampang tersulit oleh isyu yang disebabkan karena perbedaan agama. Ini sudah dimilimalisir dengan nota kesepatakan antar pemeluk agama yang berbeda. Lampung bisa menjadi contoh terbaik terkait dengan toleransi antar umat beragama.

Di provinsi lain, belum ada nota kesepakatan toleransi antar umat beragama, namun di Lampung sudah ada, bahkan dilaksanakannya sejak tahun 2015 lalu. Dampak positifnya adalah terjalin keharmonisan pemeluk antar umat beragama, baik pemeluk agama Islam, Kristen Katolik dan Protestan, Hindu serta Budha.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "ALVI HADI SUGONDO" BANDAR LAMPUNG BUAT NOTA KESEPAKATAN DAMAI ANTAR UMAT BERAGAMA""